Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Otot? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Otot? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Olahraga Otot | Foto : Berbagai Sumber 

Ubidate.com - Manusia membutuhkan otot dan tulang untuk menjalankan fungsi gerak sehari-hari. Seseorang yang mempunyai otot yang kuat akan mempunyai pengendalian tubuh, keseimbangan dan koordinasi yang baik. Oleh karena itu, berbagai cara untuk menjaga kesehatan otot perlu Anda terapkan agar tetap bisa aktif bergerak di usia tua.

Apalagi manusia mulai kehilangan massa otot saat berusia 30-40 tahun. Oleh karena itu, Anda yang sedang atau mendekati usia 40 tahun perlu lebih memperhatikan kesehatan otot-otot tubuh Anda. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Cara Menjaga Kesehatan Otot

Cara Menjaga Kesehatan Otot


Menjaga kesehatan otot tidak selalu berarti melatih tubuh di gym yang menghabiskan banyak biaya. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan otot, antara lain:

Menjaga Berat Badan Ideal


Harus Anda perhatikan bahwa kelebihan berat badan sangat tidak baik untuk kesehatan otot Anda. Umumnya, berat badan yang mampu melewati batas normal dapat memberikan tekanan yang berlebih pada otot tubuh. Oleh karena itu, tubuh Anda harus dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi.

Hal ini pula yang menyebabkan otot-otot tubuh lebih mudah lelah dan cepat tegang. Akibatnya, Anda akan merasakan rasa tidak nyaman pada otot saat beraktivitas. Untuk menjaga kesehatan otot, maka Anda perlu menjaga berat badan agar tetap ideal. Untuk melakukannya, usahakan untuk menjalani pola makan bergizi seimbang dan membatasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Jika Anda ingin menjaga kesehatan otot maka rutin lah berolahraga minimal 30 menit sehari. Anda bisa melakukannya setidaknya lima kali seminggu. Tujuannya untuk membakar kalori ekstra yang menyebabkan penambahan berat badan. Saat berat badan Anda sudah ideal, maka Anda harus menjaga kesehatan tulangnya.

Kebutuhan Air Yang Cukup


Kurangnya asupan air dapat mengakibatkan terganggunya penyerapan nutrisi oleh otot. Otot tubuh Anda pada akhirnya tidak dapat menyerap kalium dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan elektrolit. Kurangnya asupan air putih, terutama setelah berolahraga akan membuat tubuh cepat lelah dan menyebabkan kram otot. Faktanya, dehidrasi juga bisa memicu kelemahan otot dan hilangnya koordinasi tubuh.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan otot, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Salah satu cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih minimal dua liter atau setara dengan delapan gelas air mineral. Dengan memperhatikan asupan cairan tubuh, Anda berupaya menjaga kesehatan otot dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Latih Postur Tubuh Yang Benar


Salah satu penyebab nyeri otot adalah kebiasaan postur tubuh yang salah, baik saat berdiri, duduk, atau berbaring. Jika Anda ingin mengatasi nyeri tanpa menggunakan obat nyeri otot, cobalah membiasakan postur tubuh yang baik.

Salah satu cara menjaga kesehatan otot yang paling sederhana bisa dimulai dengan memperbaiki postur duduk. Jika Anda terbiasa duduk membungkuk, sebaiknya ubah kebiasaan buruk tersebut. Karena postur tubuh yang salah akan memberikan beban tambahan pada tulang dan otot sehingga tubuh Anda akan merasakan nyeri.

Saat dalam posisi duduk, usahakan duduk tegak sambil merilekskan bahu. Saat mengendarai mobil, gunakan sandaran kursi untuk menopang punggung Anda. Saat berdiri, jangan membungkuk dan bersandar pada lutut. Biasakan berdiri tegak dengan bahu rileks.

Rutin Berolahraga


Menurut data yang ada, jika Anda ingin menjaga kesehatan otot, olahraga teratur bisa menjadi pilihan bagi Anda. Segala jenis gerakan dalam olahraga dapat melatih otot, namun ada jenis latihan tertentu yang dapat diterapkan dan lebih efektif untuk menjaga kesehatan otot.

Misalnya saja olahraga aerobik seperti jogging, berenang, dan bulu tangkis yang cukup efektif untuk meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan jantung, dan membakar lemak. Cara lain untuk menjaga kesehatan otot adalah dengan melakukan latihan ketahanan. Selain meningkatkan kekuatan, olahraga ini juga dapat meningkatkan massa otot tubuh dan menguatkan otot jantung. Anda bisa memulainya dengan mengangkat beban secara bertahap.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum latihan. Kebiasaan mengabaikan pemanasan dan pendinginan juga dapat menyebabkan cedera otot, salah satu penyebab nyeri dan nyeri otot. Lakukan setiap gerakan dengan benar, karena tanpa pemanasan dan pendinginan yang tepat, risiko Anda mengalami nyeri otot atau mialgia lebih besar.

Mengonsumsi Makanan Yang Menyehatkan Untuk Otot


Anda wajib mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan juga lemak agar kesehatan otot Anda tetap terjaga. Jika Anda aktif berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan tersebut untuk menggantikan kalori yang hilang.

Contoh makanan yang kaya nutrisi dan bisa Anda coba adalah telur, ikan salmon, tuna, dada ayam, daging merah, kacang-kacangan dan polong-polongan, serta keju. Anda bisa mengonsumsi bubuk protein jika diperlukan, namun sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan otot, perhatikan juga asupan vitamin dalam tubuh, seperti vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga baik untuk kesehatan otot dan tulang. Pasalnya, kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan nyeri otot.

Sebenarnya Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukan berbagai tips di atas. Berbagai cara menjaga kesehatan otot di atas tentunya bisa Anda terapkan dengan menjadikannya sebagai bagian dari aktivitas dan rutinitas Anda sehari-hari. Perlahan tapi pasti, terapkan pola hidup sehat yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan otot Anda, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Sih Cara Menjaga Kesehatan Otot? Berikut Penjelasan Lengkapnya seperti yang dilansir slot. Semoga bermanfaat.