Contoh Fasilitas Kerja Yang Diharapkan Oleh Setiap Karyawan

Contoh Fasilitas Kerja Yang Diharapkan Oleh Setiap Karyawan
Ruangan Mes | Foto : Berbagai Sumber 

Ubidate.com - Setiap kantor memerlukan beberapa fasilitas kerja untuk menunjang kinerja karyawannya. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan manfaat dan berbagai Fasilitas Kerja yang dibutuhkan karyawan di kantor. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Fasilitas Kerja Selain Gaji


Asuransi Jiwa Dan Kesehatan 


Asuransi jiwa dan kesehatan adalah salah satu tunjangan kerja yang paling umum. Beberapa perusahaan telah menyediakan BPJS Kesehatan milik pemerintah dan juga milik swasta. Dengan ini, perusahaan bisa menanggung biaya pengobatan jika Anda jatuh sakit. Faktanya, ada beberapa perusahaan yang menawarkan jaminan kesehatan mental.

Fasilitas ini tentunya memberikan rasa aman bagi pekerja, oleh karena itu asuransi jiwa dan kesehatan menjadi fasilitas utama yang diharapkan oleh pekerja. Jika Anda mendapatkan fasilitas kerja ini, Anda juga perlu memahami aturan penggunaannya karena asuransi ini mungkin memiliki batasan atau ketentuan tertentu.

Tunjangan Transportasi


Tunjangan transportasi merupakan fasilitas yang banyak diharapkan oleh para karyawan, terutama bagi karyawan yang berdomisili jauh dari kantor atau posisi kerja yang mengharuskan karyawan untuk menghadiri rapat atau menemui klien di luar kantor. Fasilitas kerja yang diharapkan banyak orang antara lain tunjangan parkir, bensin, dan tol jika memiliki kendaraan pribadi.

Tunjangan ini juga dapat berupa penggantian biaya angkutan umum atau penyediaan mobil dinas atau pick up. Terkadang biaya transportasi ini bisa mencapai jumlah yang besar karena meliputi biaya hotel, tiket pesawat, dan lain sebagainya. 

Fasilitas Tempat Tinggal


Fasilitas perumahan merupakan suatu manfaat yang diharapkan oleh pegawai yang berasal dari luar kota. Tunjangan ini dapat membantu karyawan dalam mempermudah proses perpindahan ke luar kota.

Tunjangan perumahan juga merupakan fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang akan ditugaskan ke luar kota. Periksa terlebih dahulu berapa lama masa berlaku kontrak, perjanjian pembiayaan, dan/atau hal-hal lain yang perlu ditanggung.

Fasilitas Makan Siang


Fasilitas yang diinginkan oleh setiap karyawannya yaitu fasilitas makan siang secara gratis. Memberikan makan siang gratis akan membuat hidup karyawan menjadi lebih sehat. Perusahaan dapat menyediakan makanan sehat untuk menjaga kesehatan karyawan dan menghemat waktu karyawan karena tidak perlu mencari makanan di luar kantor.

Biasanya karyawan juga bisa memesan makanan ke kantor yang sesuai dengan kondisinya seperti vegetarian, vegan, diet keto, makanan bebas gluten, dll. Beberapa kantor juga menyediakan makanan ringan sehat gratis untuk karyawannya. 

Aturan Jam Kerja Yang Fleksibel


Jadwal kerja yang fleksibel juga menjadi harapan banyak karyawan. Memberikan jam kerja yang fleksibel akan membuat karyawan menjadi lebih betah saat dikantor. Selain itu, karyawan juga bisa menyelesaikan tugas sesuai target, bahkan dalam waktu lumayan cepat.

Sejak diterapkannya kebijakan bekerja dari rumah di masa pandemi, banyak karyawan yang menjadikan WFH sebagai fasilitas yang diinginkan. Fasilitas ini dapat menghemat pengeluaran, waktu dan tenaga karyawan.

Tanyakan kepada perusahaan apakah Anda boleh berangkat ke kantor lebih lambat atau lebih awal, atau boleh pulang lebih awal jika ada syarat tertentu. Anda juga bisa bertanya lebih lanjut mengenai jadwal work from home (WFH) Anda.

Tunjangan Teknologi


Sebagai seorang karyawan, Anda juga bisa bertanya mengenai manfaat teknologi yang bisa diberikan oleh perusahaan. Fasilitas kerja ini sangat membantu bagi karyawan yang pekerjaannya berhubungan dengan teknologi atau untuk pekerjaan yang mengharuskan karyawan sering mengadakan rapat online atau menelepon klien.

Hampir seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai di bidang apapun pada tahun ini pasti membutuhkan akses internet, seperti untuk mencari informasi, mengakses data pekerjaan secara online, dan berkomunikasi. Jadi wifi menjadi salah satu fasilitas yang sangat penting untuk karyawan sebagai penunjang utama dalam bekerja.

Upah Lembur


Upah lembur menjadi salah satu fasilitas yang diharapkan oleh semua karyawan. Nominal upah lembur yang diberikan tentunya berbeda-beda, tergantung kebijakan setiap perusahaan yang ada. Seharusnya Anda harus memperhatikan kontrak kerja yang telah disediakan oleh suatu perusahaan.

Bonus Prestasi Kerja


Fasilitas kerja yang satu ini akan membuat karyawan merasa jadi lebih dihargai berkat prestasi yang telah ia berikan untuk perusahaan. Pemberian bonus prestasi kerja akan menumbuhkan rasa semangat pada setiap karyawan karena keterampilan yang mereka miliki akan diberikan untuk perusahaan.

Fasilitas kerja ini juga membantu perusahaan mempertahankan karyawan yang berprestasi. Selain memberikan bonus kepada karyawan, perusahaan juga bisa mengadakan upacara sederhana atau memajang foto karyawan yang berprestasi. 

Program Pengembangan Skill 


Program pengembangan ini menjadi salah satu fasilitas yang diharapkan oleh karyawan yang baru masuk. Namun, baik Anda lulusan baru atau bukan, fasilitas kerja ini dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja, mulai dari keterampilan manajemen waktu, komunikasi, hingga public speaking.

Sponsor Beasiswa


Sponsor beasiswa dapat diberikan kepada karyawan yang baru masuk kerja atau telah menjadi senior dikantor. Biasanya suatu perusahaan akan menawarkan sponsor beasiswa ini kepada karyawan yang berprestasi untuk melanjutkan studinya.

Fasilitas kerja ini diberikan dengan harapan agar karyawan terpilih dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perusahaan. Sponsor beasiswa biasanya diberikan kepada karyawan yang membutuhkan dan juga yang berprestasi dikantor.

Fasilitas Kebugaran Dan Kesehatan


Fasilitas perusahaan selanjutnya selain gaji adalah penyediaan fasilitas kebugaran dan kesehatan. Fasilitas kerja ini bermanfaat baik bagi karyawan maupun perusahaan. Dengan kesehatan yang optimal maka pegawai mampu memberikan kontribusi yang optimal pula. Perusahaan dapat memberikan fasilitas gym di kantor, kelas yoga dan meditasi di kantor, diskon di fasilitas kebugaran, memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, dll.

Demikian ulasan tentang Contoh Fasilitas Kerja Yang Diharapkan Oleh Setiap Karyawan seperti yang dikutip laman garentpharma.com. Semoga bermanfaat.