Inilah Beberapa Kesalahan Pemula Saat Memilih Mobil Bekas, Simak Ulasannya

Inilah Beberapa Kesalahan Pemula Saat Memilih Mobil Bekas, Simak Ulasannya
Mobil bekas | Foto : Ubidate

Ubidate.com - Tips memilih mobil bekas untuk pemula yang sangat perlu Anda perhatikan adalah kualitas dan riwayat penggunaan mobil tersebut. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya Anda secara sadar memilih mobil bekas. Biasanya ada banyak hal penting yang sering diabaikan oleh para pemula.

Saat membeli mobil bekas, sebaiknya jangan hanya fokus membeli karena harganya lebih murah. Sebelum membeli mobil, maka perhatikan performa mesin dan kelengkapan dokumen. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa kesalahan yang dilakukan pemula dalam Memilih Mobil Bekas

Kesalahan Pemula Saat Memilih Mobil Bekas


Mobil Baru Pasti Lebih Baik


Tentu tidak selamanya, terkadang anggapan tersebut masih melekat di kalangan pembeli mobil pemula ketika memilih mobil yang ingin dikendarai. Padahal, jika dilihat dari segi finansial, ketika membeli mobil baru, tidak menutup kemungkinan dana yang dialokasikan tersebut bisa memberikan Anda mobil bekas dengan model tertentu yang kualitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan mobil baru.

Hanya saja, terlalu banyak pembeli yang lupa memikirkan hal lain seperti fungsi kendaraan, kebutuhan finansial, asuransi dan tingginya tingkat depresiasi mobil. Yuk, lanjutkan membaca kesalahan lain yang sering dilakukan.

Tidak Melakukan Riset


Ada beberapa hal yang sering terlewatkan oleh para pemula saat memilih mobil, yaitu lupa melakukan riset terkait platform yang akan digunakan. Banyak pemula yang akhirnya mengeluhkan kurangnya transparansi pada platform yang mereka gunakan. Karena seringkali ada biaya tambahan. Jadi, harganya tidak sesuai dengan yang ditampilkan di website.

Untuk itu ketika melakukan riset pastikan Anda memperhatikan review dan opini pengguna platform sebelumnya. Selanjutnya, perhatikan reputasi merek, opsi pembayaran yang tersedia, dan stok mobil di platform.

Sebelum membeli mobil baru, sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu informasi mengenai mesin, kilometer, dan performa kendaraan. Pahami lebih jauh komponen apa saja yang perlu dicek saat melakukan pembelian pada tips membeli mobil bekas.

Ketahui Apa Yang Sedang Anda Butuhkan


Setelah melakukan riset mengenai platform, langkah selanjutnya adalah memahami jenis mobil yang diinginkan. Misalnya, kenali kebutuhan Anda dalam memilih mobil yang berjenis MPV atau SUV. Biasanya mobil SUV diperuntukkan bagi anda yang menginginkan bentuk mobil yang lebih gagah dan sporty. Lain halnya dengan MPV, mobil yang khusus diperuntukkan bagi keluarga.

Atau bisa juga, bagi Anda generasi muda yang mengutamakan mobilitas. Oleh karena itu, ada baiknya kenali kebutuhan Anda dengan baik, jangan biarkan penjual mobil yang menentukan pilihan mobil untuk Anda. Karena tidak semua platform memberikan jaminan uang kembali 5 hari jika Anda merasa mobil tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terburu-Buru Dalam Memilih


Membeli mobil bekas karena menyukai bentuk, model, atau mereknya seringkali membuat Anda bias. Jadi, Anda melupakan hal-hal penting seperti membayar pajak, perawatan mobil, dan konsumsi bensin. Jika Anda salah pilih, maka sebaiknya jual kembali mobil bekas yang sudah pernah Anda beli. 

Jadi, ada baiknya Anda melakukan pertimbangan terlebih dahulu untuk mengidentifikasi prioritas Anda. Jika tidak, Anda bisa mengalami kerugian hanya karena ingin memenuhi kebutuhan mata sementara. 

Tidak Mengerti Mesin 


Kesalahan yang paling dominan terjadi di kalangan pemula adalah membeli tanpa mengetahui dengan baik performa mesin mobil. Seringkali pembeli hanya melihat tampilan dan spesifikasi di website tanpa mengecek ulang sebelum membeli mobil bekas. Jika Anda belum paham tentang mesin maka ada baiknya Anda mengajak orang yang setidaknya paham tentang mesin mobil.

Sebab tidak semua platform memberikan informasi lengkap dan transparan mengenai kekurangan mobil hingga mesin. Hal lainnya mengenai pelayanan yang diberikan, kami selalu menerima mobil bekas dan direkondisi sebelum dijual kembali. Jadi tentunya Anda pasti akan mendapatkan mobil yang kualitas mesinnya terjamin.

Mengabaikan Test Drive


Tak jarang, karena sudah percaya dengan penjualnya, pembeli baru kerap mengabaikan test drive. Bahkan, jika Anda melakukan test drive sebagai pembeli, Anda akan lebih mudah merasakan pengalaman mengendarai mobil yang ingin Anda beli.

Seperti kemudahan dalam bermanuver mobil, perpindahan gigi, dan merasakan stabil atau tidaknya setir. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek di panduan tes mengemudi mobil bekas.

Hanya Melihat Jumlah Cicilan Bulanannya


Kebutuhan finansial dan ekonomi menjadi prioritas ketika ingin membeli mobil bekas secara kredit. Namun, bukan berarti Anda asal memilih mobil yang sesuai dengan kemampuan Anda membayar cicilan setiap bulannya. Kecerobohan ini justru bisa menambah beban pengeluaran Anda.

Selain melihat hal tersebut sebagai salah satu alasannya, Anda juga harus mencermati beberapa hal lain seperti pemilihan bunga cicilan kredit, tenor, jangka waktu, asuransi, harga bensin, dan perawatan mobil secara berkala. 

Tidak Konsisten Ketika Waktu Cicilan


Membeli mobil bekas secara kredit memang menjadi sebuah keuntungan bagi anak muda saat ini. Apalagi di zaman yang serba cepat ini, mobilitas menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan.

Namun jika Anda terlalu terburu-buru dalam memilih mobil tanpa memikirkan jangka panjang cicilan dan bunga yang terus dibebankan kepada Anda, hal ini tentu saja akan membuat pengeluaran Anda semakin meningkat setiap bulannya. Jadi, coba pertimbangkan dulu prioritas keuangan Anda, jenis bunga cicilannya, dan lama cicilannya.

Tidak Mengerti Cara Mendapatkan Kredit Mobil


Banyak kesalahan yang dilakukan saat membeli mobil bekas secara kredit. Salah satunya adalah tidak membandingkan suku bunga yang diberikan beberapa lembaga keuangan. Jadi, konfirmasikan saja. Untuk itu, ada baiknya Anda memperkirakan terlebih dahulu menggunakan kalkulator kredit mobil.

Jadi Anda bisa memilih dengan tepat lembaga keuangan mana yang sesuai dengan kebutuhan cicilan Anda. Jangan malu untuk bertanya kepada penjual mengenai hal-hal yang mungkin Anda ragukan saat melihat akad cicilan mobil yang Anda terima. Jika suatu hari nanti Anda tidak bisa membayarnya, maka hal tersebut bisa merugikan Anda. 

Lupa Bertanya Tentang Pajak Dan Surat-Surat Mobil


Saat ini banyak terjadi penipuan di kalangan penjualan mobil bekas, apalagi jika menerimanya melalui broker dan dealer yang tidak dapat dipercaya. Hingga proses penjualannya dilakukan di bawah meja, tanpa kehadiran pihak ketiga. Hal-hal tersebut biasanya sering menimbulkan permasalahan dalam hal hukum dan hal-hal yang sangat mendasar yang seringkali diabaikan.

Hindari melakukan transaksi curang tanpa adanya perjanjian jual beli mobil yang sah. Jadi, ada baiknya jika Anda ingin menjual dan membeli mobil, gunakan saja platform jual beli mobil yang merupakan wadah bagi penjual dan pembeli untuk menjual dan membeli mobil bekas berkualitas.

Demikian ulasan tentang Inilah Beberapa Kesalahan Pemula Saat Memilih Mobil Bekas seperti yang dilansir alexistogel, Semoga bermanfaat.